About Me

My Photo
Rachma Anugerahwati Woerjanto
Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
私はただ人間だ。
View my complete profile
Powered by Blogger.

Followers

Friday, October 14, 2011

Anak Berisiko Kena Asma Jika Ibu Hamil Kegemukan



Menjaga berat badan ternyata berlaku juga untuk ibu hamil. Meski pun dipastikan berat badan bakalan naik karena hadir janin, namun jika gemuknya berlebihan tetap tidak baik.

Menurut penelitian di Swedia, ibu hamil yang terlalu gemuk dapat menimbulkan risiko sakit asma pada bayinya kelak setelah lahir. Anak bisa merasakan sakit tersebut mulai usia 8 atau 10 tahun Risikonya mencapai 41 persen. Atau, 14 persen lebih tinggi dari ibu hamil dengan pertambahan berat yang normal.

“Ada risiko lebih tinggi yang jelas mengenai asma pada anak-anak, penggunaan obat, dan perawatan di rumah sakit dengan peningkatan kondisi kegemukan pada ibu saat awal kehamilan,” tulis Adrian Lowe dalam penelitiannya.

Peneliti dari Murdoch Childrens Research Institute dan University of Melbourne itu juga mengatakan, kegemukan yang dialami ibu hamil dapat mengurangi kekebalan tubuh bayi. Selain itu, bayi lebih rentan terhadap datangnya alergi. Disarankan, sebaiknya ibu hamil mulai memperhatikan berat badannya sejak melakukan langkah-langkah menuju kehamilan. Ini sebagai antisipasi mengurangi berat badan berlebih saat hamil tiba.

Penelitian yang bekerja sama dengan Umea University di Swedia ini melibatkan 120 ribu ibu dan 189 ribu anak mereka di Stockholm. Rata-rata, indeks massa sang ibu mencapai 35 atau lebih. Penelitian ini diterbitkan pada Journal of Allergy and Clinical Immunology.

0 comments:

Post a Comment

Donate Me

お客様

私のミュージック